Rabu, 16 April 2014

LEMBAGA KEUANGAN YANG SEHAT



LEMBAGA KEUANGAN YANG SEHAT

Lembaga – lembaga keuangan yang berkiprah dalam sistem keuangan berada dalam kondisi sehat dan stabil, dalam pengertian bahwa lembaga – lembaga tersebut diyakini dapat memenuhi seluruh kewajibannya tanpa dukungan atau bantuan pihak luar (eksternal).

Pentingnya kesehatan lembaga keuangan, khususnya perbankan, dalam penciptaan sistem keuangan yang sehat mempunyai beberapa alasan, antara lain:

a.     Keunikan karakteristik perbankan yang rentan terhadap serbuan masyarakat yang menarik dana secara besar – besaran (bank runs) sehingga berpotensi merugikan deposan dan kreditor bank.

b.     Penyebaran kerugian diantara bank – bank sangat cepat melalui contagion effect sehingga berpotensi menimbulkan sitem problem.

c.      Proses penyelesaian bank – bank bermasalah membutuhkan dana dalam jumlah yang tidak sedikit.

d.     Hilangnya kepercayaan masyarakat terhadap perbankan sebagai lembaga intermediasi  akan menimbulkan tekanan – tekanan dalam sektor keuangan (financial distress).

e.     Ketidakstabilan sektor keuangan akan berdampak pada kondisi makroekonomi, khususnya dikaitkan dengan tidak efektifnya transmisi kebijakan moneter.
 

Tidak ada komentar: