Selasa, 10 Maret 2015

ASAL KATA BIROKRASI



ASAL KATA BIROKRASI

Secara bahasa, istilah Birokrasi berasal dari bahasa Prancis yaitu “burreau” yang berarti kantor atau meja tulis; dan dari bahasa Yunani yaitu “cratein” yang berarti mengatur. Pada mulanya, istilah ini digunakan untuk menunjuk pada suatu sistematika kegiatan kerja yang diatur atau diperintah oleh suatu kantor melalui kegiatan – kegiatan administrasi (Ernawan, 1988). Dalam konsep bahasa Inggris secara umum, birokrasi disebut dengan “civil service”. Selain itu juga sering disebut dengan public sector, public service atau public administration.  

Birokrasi adalah tipe organisasi yang dimaksudkan untuk mencapai tugas – tugas administrasi dengan cara mengkoordinasi secara sistematis, teratur pekerjaan dari banyak anggota organisasi. Orang yang bekerja dalam birokrasi pemerintahan bekerja secara profesional. Mereka diangkat dan diupah untuk menduduki jabatannya di lembaga pemerintahan yang telah ditetapkan tugasnya dari atasannya. Dasar pemilihan personil birokrasi biasanya dilandaskan pada keterampilan dan kepandaian yang dimiliki oleh seseorang untuk menjalankan tujuan tertentu.

Definisi birokrasi telah tercantum dalam kamus awal secara sangat konsisten. Kamus akademi Perancis memasukkan kata tersebut pada tahun 1978 dengan arti kekuasaan, pengaruh, dari kepala dan staf biro pemerintahan. Kamus bahasa Jerman edisi 1983 mendefinisikan birokrasi sebagai wewenang atau kekuasaan yang berbagai departemen pemerintah dan cabang – cabangnya memperebutkan diri untuk mereka sendiri atas sesama warga negara. Kamus teknik bahasa Italia  mengartikan birokrasi sebagai kekuasaan pejabat di dalam administrasi pemerintahan.  

Birokrasi  berdasarkan definisi yang dikemukakan oleh beberapa ahli adalah suatu sistem kontrol dalam organisasi yang dirancang berdasarkan aturan – aturan yang rasional dan sistematis dan bertujuan untuk mengkoordinasi dan mengarahkan aktivitas – aktivitas kerja individu dalam rangka penyelesaian tugas – tugas administasi berskala besar (disarikan dari Blau & Meyer, 1971; Coser & Rosenberg, 1976; Mouzelis, dalam Setiawan, 1998).

Sementara itu, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, birokrasi didefinisikan sebagai berikut:
1.     Sistem pemerintahan yang dijalankan oleh pegawai pemerintah karena telah berpegang pada hierarki dan jenjang jabatan;
2.     Cara bekerja atau susunan pekerjaan yang serba lamban, serta menurut tata aturan (adat dan sebagainya) yang banyak liku – likunya dan sebagainya.

Definisi birokrasi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, telah mengalami revisi, selanjutnya didefinisikan sebagai berikut:
1.     Sistem pemerintahan yang dijalankan oleh pegawai bayaran yang tidak dipilih oleh rakyat, dan;
2.     Cara pemerintahan yang sangat dikuasai oleh pegawai.

Berdasarkan definisi tersebut, pegawai dan karyawan dari birokrasi diperoleh dari penunjukkan atau ditunjuk (appointed) dan bukan dipilih (elected).

Tidak ada komentar: